Skip to main content

Metode Sentra PAUD atau BCCT, dalam buku Rhenald Kasali


 Metode sentra PAUD atau BCCT menjadi sorotan salah satu akademisi ternama Rhenald Kasali. Metode sentra menjadi salah satu judul buku karya Rhenald Kasali. Metode Sentra sebagai metode untuk membangun kecerdasan dan kemampuan anak sejak usia dini demi masa depan yang cemerlang.

Beliau menyadari apa yang dibangun di pendidikan dasar ternyata sangat membekas perguruan tinggi. Seiring waktu berjalan ilmu pendidikan anak dan tahap perkembangan terus berkembang, dan kita tak bisa mendidik anak dengan cara yang sama seperti saat kita diajarkan 30 atau 40 tahun yang lalu. Bukankah kehidupan ini berubah? Dalam beberapa dekade terakhir, neuroscience terus berkembang. Ilmu pendidikan anak berdasarkan tahap perkembangan otak pun berkembang pesat.

 "Dunia anak adalah bermain, maka selayaknyalah konsep pendidikan untuk anak usia dini dirancang dalam bentuk bermain, agar ilmu pengetahuan dapat diterima anak dengan proses yang menyenangkan dan langsung dapat diaplikasikan dalam kegiatannya" kata Wismiarti Tamin. Beliau adalah inspirator Rhenald Kasali dalam penulisan buku Sentra.

Metode Sentra dalam buku Rhenald Kasali memberikan gambaran isi dari metode sentra yang sudah dikembangkan di sekolah Alfalah Jakarta Timur yang diadopsinya dari Florida, USA. Dimulai dari kisahnya founder BCCT  sampai dengan berkembang sampai ke seluruh negeri. 

Perjalanan metode sentra  di Indonesia semoga bisa menjadi secercah asa untuk memperbaiki sistem pendidikan usia dini di negeri ini.

So, buku ini wanib dibaca para guru anak usia dini serta para orang tua tentunya.

Comments

Popular posts from this blog

18 Sikap

 18 SIKAP   “Pakailah Alquran dalam kurikulum kita, Tidak ada kurikulum tercanggih yang diciptakan Dzat yang maha menciptakan manusia yaitu Alquran”  18 Sikap karakter yang dikembangkan sekolah alfalah. 18 Sikap  sentra yang dipaparkan dalam PPOT 1 di Sekolah AlFalah Jakarta pada tanggal 5-16 Agustus pada angkatan PPOT ke 79.  saya mengikuti PPOT  1 (Program Pengasuhan Orang Tua) di Sekolah Al Falah Jakarta Timur. PPOT 1 membahas 18 sikap yang bersumber dari Alquran dan As Sunah yang dimasukkan di dalam kurikulum sekolah. 18 sikap yang dikembangkan di sekolah Alfalah dan kami coba implementasikan juga di sekolah kami PAUD Terpadu Nirwana kampung Bocah. 18 sikap positif ini sebenarnya sebagai 18 karakter bangsa diantaranya: 1.      Mutu Mutu adalah Standar nilai dari masing-masing peran setiap individu dalam seluruh aktivitas hidupnya   . Maka mutu sekolah, mutu pendidikan, mutu pembelajaran dan mutu guru harus sangat dijaga.  sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga

Metode Sentra, Belajar dari Founder Metode BCCT di indonesia drg.Wismiarti Tamin

Metode sentra adalah kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) yang diadopsi dari CCCRT Florida yang telah digunakan di Creative School. Metode sentra atau metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) metode yang berpusat pada anak melalui kegiatan ragam main yang direncanakan dan menggunakan pijakan-pijakan pembelajaran serta ada waktu duduk melingkar.  Ciri sekolah yang menggunakan metode sentra atau metode BCCT dalam kurikulumnya yaitu:  Adanya sentra-sentra belajar seperti sentra balok, sentra main peran, sentra persiapan, sentra seni dan sentra bahan alam. Adanya pijakan-pijakan dalam pembelajaran yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main Materi pembelajaran dibingakai dengan menggunakan tema-tema pembelajaran Kegiatan main metode sentra ada 3 jenis main yaitu, main pembangunan, main peran dan sensorimotor . Kebutuhan 3 jenis main ini sudah melalui penelitian - penelitian para ahli seperti Sara Smilansky yang disesuaikan dengan kebu

Dongeng Anak Sebelum Tidur Pendek yang Mendidik "Zebra si Penjaga Pohon Apel""

Dongeng anak sebelum tidur pendek yang mendidik kali ini berjudul "Zebra si Penjaga Pohon Apel" . Sebuah kisah yang didalamnya ada pelajaran yang bisa kita ambil dan kita tanamkan pada anak-anak kita.  Zebra si Penjaga Pohon Apel Jerapah memiliki sebuah pohon apel yang masih kecil. Ia sangat menyayangi pohon apel itu. Namun pada suatu hari Jerapah harus pergi menemui keluarganya di hutan seberang dalam waktu yang lama. Ia pun berencana menitipkan pohon apel itu pada temannya. Jerapah mencari-cari binatang yang mau menjaga pohon apelnya. Pertama Jerapah akan minta tolong kepada Singa. "Aku sangat sibuk Jerapah. Cari binatang lain saja!" tolak Singa. Lalu ia pergi mencari temannya yang lain. Jerapah pergi menemui Gajah untuk minta tolong. Namun Gajah pun menolak permintaan Jerapah. "Aku tidak punya waktu untuk merawat pohon apelmu Jerapah !" ucap Gajah. Tak ada satu pun teman Jerapah yang mau membantu menjaga pohon apel. Hingga suatu hari Jerapah bertemu den