Skip to main content

Metode Sentra, Belajar dari Founder Metode BCCT di indonesia drg.Wismiarti Tamin

Founder BCCT
Metode sentra adalah kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) yang diadopsi dari CCCRT Florida yang telah digunakan di Creative School. Metode sentra atau metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) metode yang berpusat pada anak melalui kegiatan ragam main yang direncanakan dan menggunakan pijakan-pijakan pembelajaran serta ada waktu duduk melingkar. 

Ciri sekolah yang menggunakan metode sentra atau metode BCCT dalam kurikulumnya yaitu:
  1.  Adanya sentra-sentra belajar seperti sentra balok, sentra main peran, sentra persiapan, sentra seni dan sentra bahan alam.
  2. Adanya pijakan-pijakan dalam pembelajaran yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main
  3. Materi pembelajaran dibingakai dengan menggunakan tema-tema pembelajaran
  4. Kegiatan main metode sentra ada 3 jenis main yaitu, main pembangunan, main peran dan sensorimotor . Kebutuhan 3 jenis main ini sudah melalui penelitian - penelitian para ahli seperti Sara Smilansky yang disesuaikan dengan kebutuhan main setiap anak. sehingga kegiatan main ini mendukung tahap perkembangan
  5. Ada kegiatan circle time dimana guru dan anak duduk bersama dan pandangan guru menyeluruh ke semua anak.
  6. Metode sentra menggunakan metode belajar melalui bermain. sehingga metode ini bisa dikatakan sebagai metode aktif learning.
  7. Prinsip dari metode ini adalah setiap anak unik, setiap anak cerdas sehingga guru harus memenuhi kebutuhan tahap perkembangan tiap-tiap anak. Maka kurikulumnya pun dibuat secara individu masing-masing anak.
  8. Dalam pelaksanaannya metode ini tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan karakter di dalamnya. Karena metode ini mengusung 18 sikap karakter yang harus diaplikasikan dalam pembelajaran oleh semua guru, semua murid dan semua warga sekolah.
 
Lalu bagaimana metode sentra kini berkembang pesat di Indonesia? Siapakah founder metode sentra di indonesia? Perkembangan Metode BCCT atau metode sentra di indonesia tak bisa lepas dari sosok penting yang satu ini yaitu drg.Wismiarti Tamin. Beliau adalah Founder BCCT di Indonesia. Berawal dari dokter gigi hingga sukses menjabat sebagai Direktur laboratorium pengawasan Doping di DKI kini Wismiarti Tamin memutuskan untuk terjun ke dunia pendidikan..

Wismiarti Taminadalah sosok yang sangat inspiratif bagi dunia pendidikan dan dunia PAUD khususnya. Perjuangannya mengembangkan metode sentra kini dapat kita lihat hasilnya. Tamin mengembangkan metode sentra ini dengan penuh perjuangan. Metode BCCT atau metode sentra dikembangkan di sekolahnya yaitu Sekolah Alfalah yang berada di Jakarta Timur. Beliau adalah sosok luar biasa maka sekolahnya pun luar biasa. Sekolah Alfalah menjadi laboratorium riset dan pengembangan metode sentra para guru-guru dari berbagai sekolah se Indonesia untuk belajar mendalami metode sentra melalui program PPOT (Program Pelatihan Guru dan Orang Tua) sehingga metode sentra berkembang luas sampai sekarang. Tentu saja sosok Wismiarti Tamin yang mampu sukses mengembangkan metode sentra ini bukanlah orang biasa. Seperti apakah profil drg.Wismiarti Tamin sang Founder metode sentra/BCCT? Kita bisa belajar dari sosok hebat berikut ini.

  1. Ketika saya bertemu langsung dengan beliau, hati berdecak kagum melihatnya. tak satu menit pun terlewatkan untuk mendengar beliau bicara. Itulah yang disebut hidden curriculum bagi seorang guru. Beliau memiliki aura intelektual meskipun umur beliau sudah tidak muda.  
  2. Beliau tenang dan pelan saat berbicara. dan tentu beliau bukan orang yang suka bicara tidak penting.Setiap kata yang diucapkan itu penting, setiap kalimat yang keluar mempunya dampak bagi si pendengar. Semua pembicaraannya adalah ilmu pengetahuan. Bahkan satu minggu penuh mengikuti program PPOT dan mengikuti kelas beliau tak terasa capek bahkan waktu selama itu pun masih kurang. adakalanya kelas ditutup sampai sore hari pun itu belum selesai diskusinya. 
  3. Wismiarti tamin seorang dokter gigi dan bekerja di dunia kesehatan. pilihannya memutuskan dirinya terjun di dunia pendidikan tentu dengan perjuangan luar biasa. Beliau memiliki semangat belajar yang sangat tinggi. Ia pergi belajar dan berkeliling dunia untuk melihat sekolah-sekolah terbaik di luar negeri. Ia pelajari itu semua untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai pendidik. 
  4. Tentu beliau adalah seorang yang suka membaca dan literasi bacaan beliau kebanyakan bahasa inggris langsung dari para pakar-pakar pendidikan. Nah kalau kita membaca saja masih sungkan maka masih jauh banget kita disebut guru.
  5. Founder BCCT di Indonesia ini mampu merubah orang dan guru dengan kekuatan ilmu pengetahuan yang dimilkinya. Setiap kata-kata beliau memiliki dampak bagi jiwa yang mendengarnya. Kadang ucapan beliau seperti menampar bagi guru-guru yang amtir seperti saya. Kata-katanya simpe tapi menusuk seperti kalimat berikut ini."Tidur yang berkualitas ciri-cirinya tidak mengantuk di kala matahari terbit" kalimat sederhana ini membuat saya sadar bahwa hidup saya berantakan tidak berkualitas. masih sering mengantuk di jam mengajar. 

Bagi saya beliau adalah an insipiring teacher. kalimat yang sangat mendalam bagi saya dan merubah hidup serta cara berpikir saya sebagai seorang guru adalah "Siapa kamu hari ini di tentukan orang-orang yang kamu temui dalam hidupmu!" .  

Comments

  1. Kereen sekali tulisannya.. Sangat menggugah hati saya utk belajar langsung dr bunda Wismiarti Tamim..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

18 Sikap

 18 SIKAP   “Pakailah Alquran dalam kurikulum kita, Tidak ada kurikulum tercanggih yang diciptakan Dzat yang maha menciptakan manusia yaitu Alquran”  18 Sikap karakter yang dikembangkan sekolah alfalah. 18 Sikap  sentra yang dipaparkan dalam PPOT 1 di Sekolah AlFalah Jakarta pada tanggal 5-16 Agustus pada angkatan PPOT ke 79.  saya mengikuti PPOT  1 (Program Pengasuhan Orang Tua) di Sekolah Al Falah Jakarta Timur. PPOT 1 membahas 18 sikap yang bersumber dari Alquran dan As Sunah yang dimasukkan di dalam kurikulum sekolah. 18 sikap yang dikembangkan di sekolah Alfalah dan kami coba implementasikan juga di sekolah kami PAUD Terpadu Nirwana kampung Bocah. 18 sikap positif ini sebenarnya sebagai 18 karakter bangsa diantaranya: 1.      Mutu Mutu adalah Standar nilai dari masing-masing peran setiap individu dalam seluruh aktivitas hidupnya   . Maka mutu sekolah, mutu pendidikan, mutu pembelajaran dan mutu guru harus sangat dijaga.  sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga

Dongeng Anak Sebelum Tidur Pendek yang Mendidik "Zebra si Penjaga Pohon Apel""

Dongeng anak sebelum tidur pendek yang mendidik kali ini berjudul "Zebra si Penjaga Pohon Apel" . Sebuah kisah yang didalamnya ada pelajaran yang bisa kita ambil dan kita tanamkan pada anak-anak kita.  Zebra si Penjaga Pohon Apel Jerapah memiliki sebuah pohon apel yang masih kecil. Ia sangat menyayangi pohon apel itu. Namun pada suatu hari Jerapah harus pergi menemui keluarganya di hutan seberang dalam waktu yang lama. Ia pun berencana menitipkan pohon apel itu pada temannya. Jerapah mencari-cari binatang yang mau menjaga pohon apelnya. Pertama Jerapah akan minta tolong kepada Singa. "Aku sangat sibuk Jerapah. Cari binatang lain saja!" tolak Singa. Lalu ia pergi mencari temannya yang lain. Jerapah pergi menemui Gajah untuk minta tolong. Namun Gajah pun menolak permintaan Jerapah. "Aku tidak punya waktu untuk merawat pohon apelmu Jerapah !" ucap Gajah. Tak ada satu pun teman Jerapah yang mau membantu menjaga pohon apel. Hingga suatu hari Jerapah bertemu den