Skip to main content

18 Sikap


 18 SIKAP

 “Pakailah Alquran dalam kurikulum kita,
Tidak ada kurikulum tercanggih yang diciptakan
Dzat yang maha menciptakan manusia yaitu Alquran”

 18 Sikap karakter yang dikembangkan sekolah alfalah. 18 Sikap  sentra yang dipaparkan dalam PPOT 1 di Sekolah AlFalah Jakarta pada tanggal 5-16 Agustus pada angkatan PPOT ke 79.  saya mengikuti PPOT  1 (Program Pengasuhan Orang Tua) di Sekolah Al Falah Jakarta Timur. PPOT 1 membahas 18 sikap yang bersumber dari Alquran dan As Sunah yang dimasukkan di dalam kurikulum sekolah. 18 sikap yang dikembangkan di sekolah Alfalah dan kami coba implementasikan juga di sekolah kami PAUD Terpadu Nirwana kampung Bocah. 18 sikap positif ini sebenarnya sebagai 18 karakter bangsa diantaranya:
1.     Mutu
Mutu adalah Standar nilai dari masing-masing peran setiap individu dalam seluruh aktivitas hidupnya  . Maka mutu sekolah, mutu pendidikan, mutu pembelajaran dan mutu guru harus sangat dijaga. sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga meningkat.
2.    Hormat
Hormat adalah Menghargai diri sendiri, orang lain , alam sekitar dan seluruh yang ada di langit dan bumi dengan memahami bahwa Allah menciptakanNya dengan kelebihannya masing-masing dengan memastikan kita menjaga kehormatan itu agar tidak jatuh dengan melakukan kesalahan yang tertera di alquran
3.    Jujur
Jujur adalah adanya kesesuaian antara yang di dalam hati, perkataan dan perbuatan atas dasar percaya  Allah maha melihat, dan maha mengetahui maka harus disampaikan sesuai fakta
4.    Disiplin
Disiplin adalah seluruh makhluk ciptaan allah bekerja sesuai aturan yang merujuk aturan Allah/ agama/ alquran dan aturan social. karena sejatinya aturan dibuat untuk membuat nyaman dan tidak melenggu.
5.    Tanggung Jawab
Tanggung jawab adalah kerelaan hati untuk melaksanakan hak dan kewajiban sesuai peran kita lalu mempertanggungjawabkan atas apa yang telah kita terima, kita rencanakan, ucapkan dan lakukan. Tanggung jawab pada diri sendiri, orang lain, pada benda
6.    Rajin 
Rajin adalah usaha untuk senantiasa bergerak terus menerus dengan tujuan tertentu. Dengan rajin kita akan semakin banyak bergerak. Semakin banyak bergerak maka semakin cerdas. karena kerja otak dibangun melalui kerja otot
7.    Berpikir Positif
mengaktifkan kerja otak pada hal-hal yang positif sehingga seluruh apa yang ada di tubuh kita juga positif/baik.jika  Allah membangunkan kita di pagi hari itu tandanya allah memberi kesempatan untuk hidup lebih baik
8.    Rendah hati 
Rendah hati adalah memahami bahwa semua ciptaan allah diciptakan dengan kelebihannya dan perannya masing-masing.  Dan mampu meletakkan kelebihannya  pada tempatnya
9.    Ramah
Ramah adalah menyampaikan cara berpikir kita lewat tampilan wajah, gesture tubuh dan sorot mata yang penuh dengan kenyamanan
10.  Ikhlas
Ikhlas adalah memurnikan satu tujuan hidup untuk Allah, tidak terpengaruh dengan kepentingan dunia sehingga menjadi kekuatan kita untuk hidup bermanfaat
11.   Sabar
Kemampuan membaca orang lain sehingga mampu untuk memahami mereka dan  mengendalikan  diri kita.
12.  Syukur
Syukur adalah mampu mempelajari maksud penciptaan seluruh ciptaan Allah sehingga mampu mengungkapkan terima kasih dengan berbagai cara sekecil apapun dan dari siapapun.  Kemampuan merepresentasikan apa yang mereka terima dari siapapun  sekecil apapun dengan berbagai macam cara
13.  Kasih Sayang
Kasih sayang   memberikan perhatian dan menebarkan kebaikan kepada seluruh ciptaan Allah agar tercipta ketentraman di muka bumi.  Kasih sayang kepada anak, kepada orang tua, kepada binatang, tanaman hutan dll
14.  Khusuk
Tidak merespon sesutau yang tidak berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Sikap ini dibangun tidak hanya saat kegiatan ibadah. sikap khusuk dibangun melalui rangkaian kegiatan main anak di sekolah.
15.  Bersih
Bersih adalah Upaya untuk memeihara diri baik yang kongkret dan tidak konkret dari segala kotoran yang tidaak memberi manfaat sehingga menuju pada bersihnya aqidah
16.  Istiqomah
menjaga perbuatannya tetap terus-menerus tidak berubah karena sesuatu dan bertahap meningkatkan kualitasnya
17.  Taqwa
Taqwa adalah menjalankan aktivitas hidup dengan sesuai pedoman Alquran dan hadist. Sikap taqwa dilatih dengan program bukan dengan nasehat.
18.  Qanaah.
Qanaah adalah memaksimalkan apa yang kita miliki untuk mencapai potensi tertinggi

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Dongeng Anak Sebelum Tidur Pendek yang Mendidik "Zebra si Penjaga Pohon Apel""

Dongeng anak sebelum tidur pendek yang mendidik kali ini berjudul "Zebra si Penjaga Pohon Apel" . Sebuah kisah yang didalamnya ada pelajaran yang bisa kita ambil dan kita tanamkan pada anak-anak kita.  Zebra si Penjaga Pohon Apel Jerapah memiliki sebuah pohon apel yang masih kecil. Ia sangat menyayangi pohon apel itu. Namun pada suatu hari Jerapah harus pergi menemui keluarganya di hutan seberang dalam waktu yang lama. Ia pun berencana menitipkan pohon apel itu pada temannya. Jerapah mencari-cari binatang yang mau menjaga pohon apelnya. Pertama Jerapah akan minta tolong kepada Singa. "Aku sangat sibuk Jerapah. Cari binatang lain saja!" tolak Singa. Lalu ia pergi mencari temannya yang lain. Jerapah pergi menemui Gajah untuk minta tolong. Namun Gajah pun menolak permintaan Jerapah. "Aku tidak punya waktu untuk merawat pohon apelmu Jerapah !" ucap Gajah. Tak ada satu pun teman Jerapah yang mau membantu menjaga pohon apel. Hingga suatu hari Jerapah bertemu den...

Metode Sentra, Belajar dari Founder Metode BCCT di indonesia drg.Wismiarti Tamin

Metode sentra adalah kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) yang diadopsi dari CCCRT Florida yang telah digunakan di Creative School. Metode sentra atau metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) metode yang berpusat pada anak melalui kegiatan ragam main yang direncanakan dan menggunakan pijakan-pijakan pembelajaran serta ada waktu duduk melingkar.  Ciri sekolah yang menggunakan metode sentra atau metode BCCT dalam kurikulumnya yaitu:  Adanya sentra-sentra belajar seperti sentra balok, sentra main peran, sentra persiapan, sentra seni dan sentra bahan alam. Adanya pijakan-pijakan dalam pembelajaran yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main Materi pembelajaran dibingakai dengan menggunakan tema-tema pembelajaran Kegiatan main metode sentra ada 3 jenis main yaitu, main pembangunan, main peran dan sensorimotor . Kebutuhan 3 jenis main ini sudah melalui penelitian - penelitian para ahli seperti Sara Smilansky yang disesuaikan de...