Skip to main content

Kisah Si Belang, Si Botak dan Si Buta

Metode cerita adalah yang mengisahkan cerita kepada peserta didik untuk memberikan stimulus. Metode cerita dalam konsep islam dengan istilah Qashash/ kisah. Kisah yang disampaikan adalah kisah-kisah yang mengadung nilai-nilai kehidupan. tentu metode ini sangat menarik bagi anak-anak. Kisah anak islami bukan hanya untuk anak-anak, kita pun sebagai manusia dewasa kadang perlu belajar tentang hikmah dari sebuah kisah. Berikut kisah inspiratif singkat yang patut kita baca yaitu kisah si belang, si botak dan si buta.

 Abu Hurairah mendengar langsung cerita ini dari rosululloh SAW. "Dahulu ada tiga orang dari Bani Israil: seorang belang, yang kedua botak dan yang ketiga buta. allah berkehendak untuk menguji mereka. maka dikirimkan-Nya malaikat. Pertama yang didatangi adalah si belang. Malaikat itu bertanya, "apa yang paling kau inginkan?" Si belang menjawab, "Warna bagus dan kulit bagus, serta dihilangkannya perkara yang membuat orang jijik terhadapku." Diusapnya si belang dan seketika itu kulitnya menjadi bagus. "harta apa yang paling kamu inginkan?" tanya malaikat lagi. "saya mau unta." Dia diberi onta betina bunting.

kemudian malaikat itu mendatangi si botak dan bertanya "Apa yang paling kau inginkan?" Si Botak menjawab "rambut indah dan dihilangkannyaperkara yang membuat orang jijik terhadapku. maka diusapnya rambut si botak dan seketika tumbuh rambutnya yang indah. "Harta apa yang paling kau inginkan?" tanya malaikat kembali. "saya mau sapi. "maka dia pun diberi sapi betina bunting"

terakhir malaikat itu mendatangi si buta dan bertanya "apa yang paling kau inginkan?" tanya malaikat padanya. "Aku ingin dapat melihat" jawab si buta. maka diusapnya mata si buta lalu seketika si buta pun dapat melihat. Kemudian malaikat bertanya kembali "harta apa yang paling kau inginkan?". "Kambing" jawab si buta. Maka ia diberi kambing betina yang bunting.

lalu semua binatang itu berkembang biak menjadi banyak. Sehingga ontanya menjadi sepenuh lembah, sapinya sepenuh lembah dan kambingnya pun sepenuh lembah

Setelah beberapa lama, malaikat itu datang lagi dan menyamar sebagai seorang miskin. Pertama malaikat itu datang kepada orang yang dahulunya belang dan berkata, "saya orang miskin. Saya kehabisan bekal. tidak ada yang mau menolong saya selain Allah dan kemudian kamu. Demi dzat yang telah memberimu warna kulit yang bagus dan harta yang banyak. saya meminta satu ekor onta agar saya bisa meneruskan perjalanan ke tempat tujuan saya".

"Tanggungan saya banyak" balas si belang. "saudara, sepertinya saya mengenal kamu. Bukankah kamu dulunya mengidap belang yang membuat jijik terhadapmu, lalu kulitmu dibuat Allah menjadi menjadi bagus. dan dahulu kamu msikin lalu Allah membuatmu jadi orang kaya". "Harta ini saya warisi turun temurun dari keluargaku." kata si belang. "Jika kamu dusta Allah akan mengembalikkan keadaanmu seperti dahulu"

Selanjutnya orang yang dahulunya botak juga didatangi malaikat yang menyamar dan dimintai bantuannya. namun jawabannya sama seperti si belang. maka malaikat itu berkata "Jika kamu berdusta maka Allah akan mengembalikkan keadaanmu seperti dahulu"

Terakhir giliran orang yang dahulunya buta. "Saya orang miskin. saya kehabisan bekal. Tidak ada yang menolong saya selain Allah dan kamu. Demi dzat yang telah membuatmu bisa melihat kembali, saya minta darimu seekor kambing agar saya bisa meneruskan perjalanan dan kembali ke tempat tujuan saya. 

"dahulu saya buta, kemudian Allah membuatku bisa melihat kembali. Ambillah seberapapun yang kamu mau dan tinggalkanlah seberapa yang kamu mau. Demi Allah, hari ini saya tidak akan keberatan dengan sesuatu yang kamu ambil karena Allah." jawab orang yang dahulunya buta itu.

Kata malaikat "Jagalah harta kekayaanmu, sebenaranya kamu diuji, maka allah ridho kepadamu dan Allah murka kepada dua kawanmu" (H.R Bukhari dan Muslim).

lalu pertanyaannya "Siapa diri kita?" apakah si belang, si botak atau si buta?. Semoga kita menjadi hamba yang bersyukur dan bisa mengambil setiap pelajaran dalam kehidupan. 

Semoga bermanfaat. 

Comments

  1. terimakasih sudah menginspirasi dan memberikan saya kesempatan belajar, menjadi ibu tidak boleh berhenti belajar, membaca tulisan ini saya menjadi semangat 💪 semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan untuk mbak guru Erlina ❤️

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

18 Sikap

 18 SIKAP   “Pakailah Alquran dalam kurikulum kita, Tidak ada kurikulum tercanggih yang diciptakan Dzat yang maha menciptakan manusia yaitu Alquran”  18 Sikap karakter yang dikembangkan sekolah alfalah. 18 Sikap  sentra yang dipaparkan dalam PPOT 1 di Sekolah AlFalah Jakarta pada tanggal 5-16 Agustus pada angkatan PPOT ke 79.  saya mengikuti PPOT  1 (Program Pengasuhan Orang Tua) di Sekolah Al Falah Jakarta Timur. PPOT 1 membahas 18 sikap yang bersumber dari Alquran dan As Sunah yang dimasukkan di dalam kurikulum sekolah. 18 sikap yang dikembangkan di sekolah Alfalah dan kami coba implementasikan juga di sekolah kami PAUD Terpadu Nirwana kampung Bocah. 18 sikap positif ini sebenarnya sebagai 18 karakter bangsa diantaranya: 1.      Mutu Mutu adalah Standar nilai dari masing-masing peran setiap individu dalam seluruh aktivitas hidupnya   . Maka mutu sekolah, mutu pendidikan, mutu pembelajaran dan mutu guru harus sangat dijaga.  sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga

Metode Sentra, Belajar dari Founder Metode BCCT di indonesia drg.Wismiarti Tamin

Metode sentra adalah kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) yang diadopsi dari CCCRT Florida yang telah digunakan di Creative School. Metode sentra atau metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) metode yang berpusat pada anak melalui kegiatan ragam main yang direncanakan dan menggunakan pijakan-pijakan pembelajaran serta ada waktu duduk melingkar.  Ciri sekolah yang menggunakan metode sentra atau metode BCCT dalam kurikulumnya yaitu:  Adanya sentra-sentra belajar seperti sentra balok, sentra main peran, sentra persiapan, sentra seni dan sentra bahan alam. Adanya pijakan-pijakan dalam pembelajaran yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main Materi pembelajaran dibingakai dengan menggunakan tema-tema pembelajaran Kegiatan main metode sentra ada 3 jenis main yaitu, main pembangunan, main peran dan sensorimotor . Kebutuhan 3 jenis main ini sudah melalui penelitian - penelitian para ahli seperti Sara Smilansky yang disesuaikan dengan kebu

Dongeng Anak Sebelum Tidur Pendek yang Mendidik "Zebra si Penjaga Pohon Apel""

Dongeng anak sebelum tidur pendek yang mendidik kali ini berjudul "Zebra si Penjaga Pohon Apel" . Sebuah kisah yang didalamnya ada pelajaran yang bisa kita ambil dan kita tanamkan pada anak-anak kita.  Zebra si Penjaga Pohon Apel Jerapah memiliki sebuah pohon apel yang masih kecil. Ia sangat menyayangi pohon apel itu. Namun pada suatu hari Jerapah harus pergi menemui keluarganya di hutan seberang dalam waktu yang lama. Ia pun berencana menitipkan pohon apel itu pada temannya. Jerapah mencari-cari binatang yang mau menjaga pohon apelnya. Pertama Jerapah akan minta tolong kepada Singa. "Aku sangat sibuk Jerapah. Cari binatang lain saja!" tolak Singa. Lalu ia pergi mencari temannya yang lain. Jerapah pergi menemui Gajah untuk minta tolong. Namun Gajah pun menolak permintaan Jerapah. "Aku tidak punya waktu untuk merawat pohon apelmu Jerapah !" ucap Gajah. Tak ada satu pun teman Jerapah yang mau membantu menjaga pohon apel. Hingga suatu hari Jerapah bertemu den