Skip to main content

Tahukah, bahwa anak lahir dengan 1000.000.000 sel otak yang belum bersambungan?


Tentu ada rencana dan maksud Allah SWT menganugerahkan hal tersebut untuk anak-anak kita. Apa ya maksud Allah SWT? 

Tahukah Ayah Bunda tentang otak manusia? Anak kuda, begitu lahir sudah memiliki sel otak yang saling bersambungan. Karena itu begitu lahir anak kuda bisa langsung berdiri tegak. Begitu juga dengan anak sapi, begitu lahir sudah mampu untuk berdiri dan melakukan gerakan menyusui. Contoh lain misalnya adalah lebah, dengan sel otak yang saling bersambungan, maka lebah begitu lahir, langsung mampu bergerak bahkan mengepakkan sayapnya dan juga mampu berkomunikasi.

Maksud Allah SWT tiada lain karena memberikan kesempatan bagi Ayah/ Bundanya untuk membentuk sambungan sel otak sebanyak mungkin. Semakin banyak sel otak yang saling bersambungan, semakin cerdas pula anak kita secerdas otak Albert Einstein.

Tugas orang tua adalah menyambung sel otak menjadi sebuah kecerdasan. setiap sambungan sel-sel otak baik di otak kanan maupun otak kiri itu menjadi kemampuan/ kecerdasan. Setiap hari anak bangun dengan dengan strukstur sel otak yang baru, maka agar sel otaknya tersambung membutuhkan stimulus dari orang tua maupun guru dengan pengalaman-pengalaman bermain yang membuat anak bermain. 

Maka pastikan setiap hari anak bermain yang membuat dia belajar. pastikan kita tidak melewatkan satu hari pun untuk menyambung sel-sel otaknya. Jangan kita biarkan anak bermain yang tidak membuat dia belajar. Lalu apakah tugas berat ini sanggup di lakukan asisten rumah tangga? 
-mbak guru erlina -

Comments

Popular posts from this blog

18 Sikap

 18 SIKAP   “Pakailah Alquran dalam kurikulum kita, Tidak ada kurikulum tercanggih yang diciptakan Dzat yang maha menciptakan manusia yaitu Alquran”  18 Sikap karakter yang dikembangkan sekolah alfalah. 18 Sikap  sentra yang dipaparkan dalam PPOT 1 di Sekolah AlFalah Jakarta pada tanggal 5-16 Agustus pada angkatan PPOT ke 79.  saya mengikuti PPOT  1 (Program Pengasuhan Orang Tua) di Sekolah Al Falah Jakarta Timur. PPOT 1 membahas 18 sikap yang bersumber dari Alquran dan As Sunah yang dimasukkan di dalam kurikulum sekolah. 18 sikap yang dikembangkan di sekolah Alfalah dan kami coba implementasikan juga di sekolah kami PAUD Terpadu Nirwana kampung Bocah. 18 sikap positif ini sebenarnya sebagai 18 karakter bangsa diantaranya: 1.      Mutu Mutu adalah Standar nilai dari masing-masing peran setiap individu dalam seluruh aktivitas hidupnya   . Maka mutu sekolah, mutu pendidikan, mutu pembelajaran dan mutu guru ...

Dongeng Anak Sebelum Tidur Pendek yang Mendidik "Zebra si Penjaga Pohon Apel""

Dongeng anak sebelum tidur pendek yang mendidik kali ini berjudul "Zebra si Penjaga Pohon Apel" . Sebuah kisah yang didalamnya ada pelajaran yang bisa kita ambil dan kita tanamkan pada anak-anak kita.  Zebra si Penjaga Pohon Apel Jerapah memiliki sebuah pohon apel yang masih kecil. Ia sangat menyayangi pohon apel itu. Namun pada suatu hari Jerapah harus pergi menemui keluarganya di hutan seberang dalam waktu yang lama. Ia pun berencana menitipkan pohon apel itu pada temannya. Jerapah mencari-cari binatang yang mau menjaga pohon apelnya. Pertama Jerapah akan minta tolong kepada Singa. "Aku sangat sibuk Jerapah. Cari binatang lain saja!" tolak Singa. Lalu ia pergi mencari temannya yang lain. Jerapah pergi menemui Gajah untuk minta tolong. Namun Gajah pun menolak permintaan Jerapah. "Aku tidak punya waktu untuk merawat pohon apelmu Jerapah !" ucap Gajah. Tak ada satu pun teman Jerapah yang mau membantu menjaga pohon apel. Hingga suatu hari Jerapah bertemu den...

Metode Sentra, Belajar dari Founder Metode BCCT di indonesia drg.Wismiarti Tamin

Metode sentra adalah kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) yang diadopsi dari CCCRT Florida yang telah digunakan di Creative School. Metode sentra atau metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) metode yang berpusat pada anak melalui kegiatan ragam main yang direncanakan dan menggunakan pijakan-pijakan pembelajaran serta ada waktu duduk melingkar.  Ciri sekolah yang menggunakan metode sentra atau metode BCCT dalam kurikulumnya yaitu:  Adanya sentra-sentra belajar seperti sentra balok, sentra main peran, sentra persiapan, sentra seni dan sentra bahan alam. Adanya pijakan-pijakan dalam pembelajaran yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main Materi pembelajaran dibingakai dengan menggunakan tema-tema pembelajaran Kegiatan main metode sentra ada 3 jenis main yaitu, main pembangunan, main peran dan sensorimotor . Kebutuhan 3 jenis main ini sudah melalui penelitian - penelitian para ahli seperti Sara Smilansky yang disesuaikan de...