Skip to main content

FITRAH BASED EDUCATION


1.                   RESUME LAUNCHING SEMINAR FITRAH BASED EDUCATION SERIES 2019

(12 JANUARI 2019 Pusat studi Jepang, UI JAKARTA)


Catatan perjalananku masih di kota Jakarta. kali ini aku ingin belajar tentang Fitrah Based Education ketemu Abah Rama Royani (Founder Talent Mapping), he...

Sedikit oleh-oleh ilmu yang bisa ku bagi untuk teman-teman semoga bermanfaat.

National character Building kenapa tidak terbangun? Karena kita Cuma membangun.

Sudah ada karakter dalam diri kita.

2.    Ust. Hary Santosa ( Founder Fitrah Based Education)

Pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua bukan sekolah. Jadi setiap keluarga harus punya misi. Misi yaitu: apa tugas kita di muka bumi?, langkah menuju cita-cita.

Membuat misi pendidikan keluarga merupakn peran ayah. Fitrah itu bersih harus ditumbuhkan. Ketika fitrah tidak tumbuh maka masalah akan semakin besar. Konsep peradaban itu Potensi dan peran. Potensi alam kehidupan dan alquran.  

v  8 aspek Fitrah Based Educationü  FITRAH KEIMANAN

§  Sudah terinstal sejak dalam Rahim.

§  Sudah bersaksi bahwa allah adalah Rabb Qs. Al araaf: 71-72

§  Ajarkan anak tentang adab kepada Allah

§  Kalau fitrah iman tidak tumbuh maka akibatnya beragama tapi tidak berakidah

ü  FITRAH BAKAT

§  Bantu anak untuk mengenali bakatnya!

§  “anak adalah intan, hanya orang gila yang menitipkan intan kepada orang lain”

ü  FITRAH BELAJAR

§  Cara mengasah fitrah belajar dengan cara Interaksi dengan alam

§  Adab terhadab alam

ü  FITRAH ESTETIK/ BAHASA

§  Sensoris motoris inderawi

§  Mana yang lebih penting antara bisa membaca atau suka membaca?

ü  FITRAH INDIVIDUAL SOSIALITAS

ü  FITRAH SEKSUALITAS

Kalau Fitrah seksualitas tidak tumbuh à LGBT

ü  FITRAH JASMANI

ü  FITRAH PERKEMBANGAN

Setiap keterampilan itu ada masanya, sesuai perkembangan. Anehnya banyak orang tua yang bangga anaknya masuk SD dibawah batas usia. Padahal anaknya belum siap

 

                        Fitrah à ditumbuhkanà tarbiyah à Murobbi

                        Adab à menanamkan à Takdib à Muadim

                        Ilmu à taklim

3.    DR. Dewi Utama Faiza (Satgas Gerakan literasi Sekolah, Kemdikbud)

v  FITRAH LITERASI

§  “Membaca pekerjaan tersukar bagi guru dan Ibu”

§  “anak bagaikan buku, ia pun butuh dibaca!”

§  Pendidik harus menguasai Teksmulti moda; media pembelajaran imajinatif dan kreatif

§  Khatamkan sensorimotorik inderawi. Alam adalah kurikulum pertama

§  Harta adalah kosakata. 7 tahun 8000-9000 kosakata.

§  Anak tidak bisa membaca karena tidak punya kamus kosakata.  Jadi anak-anak yang tidak memiliki kosakata yang bermain teks yang lain, memukul, tinju, tawuran dll. Ini namanya abai karena tidak dicontrol.

§  Kurikulum parenting à apa yang dilakukan ayah dan Ibu dari bangun tidur sampai tidur lagi/sebuah keluarga.

§  Mari gerakan 9000 kosakata! 

§  Bahasa ibu harus sakti dan bertuah! Bermula dari Rahim.

§  Semakin banyak mendengar dan mengucapkan kata-kata di rumah itulah harta berharga sebelum memasuki sekolah.

Program Pendidikan di jepang

§  Hari kedua Hilarry Clinton di lantik, ia pergi  ke Jepang untuk melihat “Apa yang terjadi di rumah tangga Jepang”

§  Jepang Menginspirasià Kuncinya FITRAH à kuncinya Ibu.

§  Apa Program jepang? Membangun Ekosistem sekolah yang fitrah, sehat dan literat.

1.     Kamishibaià gambar yang dibelaknagnya ada cerita

2.    Enikkià E = gambar, nikki= Jurnal à buku haroan bergambar/ gambar bercerita

3.    Me   = mata  à mata harus diberi makan dengan gambar2

Mimi = telinga

Kokoro = hati

                   TAKARA MONO/ FUNDS OF KNOWLEDGE ‘HUMAN        CAPITAL”

(Harta pengetahuan) à modal intelektual. pengetahuan, keterampialn   dan komptensi

§  Origami merupakan wujud Literacy Craft à pengembangan imajinasi. meniti imajinasi dalam kreatifitas. Kalau origami saat melipat masih bergerigi ada masalah di otak dan sensori motor.

§  Sekolah kaya teks!

§  Living Book.

§  Membacakan buku 15 menit pad anak itu  Bonding guru dan siswa.

§  HARAM mewarnai pakai krayon.

§  Di Jepang buku SD kelas 4 sangan bagus. Rumput-rumput liar pun masuk ke buku. Di Indonesia yang keluar Cuma buku panduan.

§  Refferensi buku bagus à battle of Surabaya.

§  Tidak ada guru teladan, pengawas Teladan adanya komunitas orang tua terdidik.

§  GURU à harus bisa menulis masa kecilnya. Kalau amburadul jangan jadi guru.

§  Ciri Negara terbaik tidak ada Bimbingan belajar di Negara itu.

§  Kualitas suatu bangsa bisa dilihat dari kualitas buku teks, buku bacaan, dan film animasinya.

§  Majunya suatu bangsa bisa dilihat dari karya imajinasinya.

§  PENDIDIKAN à Otoritas rumah dan jamaah.

§  MINDSET. Kita mau GROWTH mindset atau FIXED mindset?

4.    Muhammad Firman  (Talents Mapping Practitioner)

 

v  TALENTS MAPPING

§  BAKAT adalah mindset yang berulang-ulang yang dapat menghasilkan produktivitas.

§  5 tanda bakat:

1.     YEARNINGà NAGIH, sifat alami yang akan selalu muncul dan butuh penyaluran

2.    RAPID LEARNING à cepat memahami dan menguasai sesuatu

3.    FLOW à persaan mengalir saat melakukan aktivitas. Bila abak belum muncul produktivitasnya tugas kita mengeksplorasi ke anak sehingga anak menemukan cara untuk muncul produktifitas.

4.    Satisfaction à kepuasan saat, sedang dan setelah melakukan sesuatu.

5.    GLIMPES OF EXCELLECE. àsejak awal melakukan sesuatu langsung kelihatan keunggulanya.

§  AKTUALISASI BAKAT; bakatà tindakanà kekuatanà modelà mentor.

§  Kenali  bakat anak anda.

§  Sebelum dididik ditumbuhkan bakatnya.

§  Tugas kita;

1. Mengobservasi

2. Apresiasi

3. interaksi

4. Komunikasi

5. memfasilitasi ragam kegiatan

6 magang. Learning by doing!

§  MASALAHà Pendidikan yang semua ujung-ujungnya jadi Nilai Pelajaran. Ujian nasional Hentikan. Back to fitrah.

 

5.    Diena Syarifa (AbHome)

Profil; Seorang pengelola homeschooling “AB Home” dengan model pembelajaran “Backpacker” yaitu  odel pembelajaran yang efektif memunculkan bakat anak.

v  PEMAGANGAN

Tugas Orang tua membantu anak mengenali diri mengenali bakat.

§  Dalam proses penemuan bakat jika prosesnya bener pasti anak ketagihan.

§  Proses;  HAPPYà GA BERASAà NAGIHàMAGANGàHOME INDUSTRI.

§  Umur 10 tahun saatnya dia dilepas. Untuk menguji kompetensinya.

§  Level 2; mencarikan tempat magang, cukupi akomodasinya.

§  18 thn keatas level 3 : magang

§  Manfaat Magangà HUMBLE, menghargai proses, menghargai profesi orang.

6.    Fatih madini (Santri Milenial)

Penulis usia 16 tahun “ mewujudkan Insan dan peradaban”. Dari Pondok pesantren.  Tipsnya:

§  Suka nulis dulu aja!

§  KONFERENSI PENDIDIKAN ISLAM SE DUNIA, di Mekkah th. 1977.

1.     Tujuan pendidikan islam yaitu menanamkan Nilai

2.    Menanamkan nilai –nilai menjadi orang beradab. Sehingga menggunakan ilmu pada tempatnya.

3.    Kurikulum dan silabus harus berdasar alquran dan assunah

4.    Guru-guru muslim harus diilhamidengan ide-ide dan konsep-konsep yang islami.            

 

Comments

Popular posts from this blog

18 Sikap

 18 SIKAP   “Pakailah Alquran dalam kurikulum kita, Tidak ada kurikulum tercanggih yang diciptakan Dzat yang maha menciptakan manusia yaitu Alquran”  18 Sikap karakter yang dikembangkan sekolah alfalah. 18 Sikap  sentra yang dipaparkan dalam PPOT 1 di Sekolah AlFalah Jakarta pada tanggal 5-16 Agustus pada angkatan PPOT ke 79.  saya mengikuti PPOT  1 (Program Pengasuhan Orang Tua) di Sekolah Al Falah Jakarta Timur. PPOT 1 membahas 18 sikap yang bersumber dari Alquran dan As Sunah yang dimasukkan di dalam kurikulum sekolah. 18 sikap yang dikembangkan di sekolah Alfalah dan kami coba implementasikan juga di sekolah kami PAUD Terpadu Nirwana kampung Bocah. 18 sikap positif ini sebenarnya sebagai 18 karakter bangsa diantaranya: 1.      Mutu Mutu adalah Standar nilai dari masing-masing peran setiap individu dalam seluruh aktivitas hidupnya   . Maka mutu sekolah, mutu pendidikan, mutu pembelajaran dan mutu guru harus sangat dijaga.  sehingga mutu pendidikan di Indonesia juga

Metode Sentra, Belajar dari Founder Metode BCCT di indonesia drg.Wismiarti Tamin

Metode sentra adalah kurikulum pendidikan anak usia dini (PAUD) yang diadopsi dari CCCRT Florida yang telah digunakan di Creative School. Metode sentra atau metode BCCT (Beyond Center and Circle Time) metode yang berpusat pada anak melalui kegiatan ragam main yang direncanakan dan menggunakan pijakan-pijakan pembelajaran serta ada waktu duduk melingkar.  Ciri sekolah yang menggunakan metode sentra atau metode BCCT dalam kurikulumnya yaitu:  Adanya sentra-sentra belajar seperti sentra balok, sentra main peran, sentra persiapan, sentra seni dan sentra bahan alam. Adanya pijakan-pijakan dalam pembelajaran yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main Materi pembelajaran dibingakai dengan menggunakan tema-tema pembelajaran Kegiatan main metode sentra ada 3 jenis main yaitu, main pembangunan, main peran dan sensorimotor . Kebutuhan 3 jenis main ini sudah melalui penelitian - penelitian para ahli seperti Sara Smilansky yang disesuaikan dengan kebu

Dongeng Anak Sebelum Tidur Pendek yang Mendidik "Zebra si Penjaga Pohon Apel""

Dongeng anak sebelum tidur pendek yang mendidik kali ini berjudul "Zebra si Penjaga Pohon Apel" . Sebuah kisah yang didalamnya ada pelajaran yang bisa kita ambil dan kita tanamkan pada anak-anak kita.  Zebra si Penjaga Pohon Apel Jerapah memiliki sebuah pohon apel yang masih kecil. Ia sangat menyayangi pohon apel itu. Namun pada suatu hari Jerapah harus pergi menemui keluarganya di hutan seberang dalam waktu yang lama. Ia pun berencana menitipkan pohon apel itu pada temannya. Jerapah mencari-cari binatang yang mau menjaga pohon apelnya. Pertama Jerapah akan minta tolong kepada Singa. "Aku sangat sibuk Jerapah. Cari binatang lain saja!" tolak Singa. Lalu ia pergi mencari temannya yang lain. Jerapah pergi menemui Gajah untuk minta tolong. Namun Gajah pun menolak permintaan Jerapah. "Aku tidak punya waktu untuk merawat pohon apelmu Jerapah !" ucap Gajah. Tak ada satu pun teman Jerapah yang mau membantu menjaga pohon apel. Hingga suatu hari Jerapah bertemu den